7A7E1644
085649744141

Membangun Keyakinan Diri

BEBERAPA KIAT MEMBANGUN KEYAKINAN DIRI


1. Hargailah Dirimu Dengan Wajar.
Miliki konsep yang benar mengenai dirimu. Bukan hanya orang lain yang penting, tapi kamu juga penting. Yakinlah bahwa kamu lahir ke dunia dengan potensi untuk meraih yang terbaik.

2. Ubahlah Apa Yang Bisa Kamu Ubah, Tapi Terimalah Apa Yang Tidak Bisa Diubah.
Rasa percaya dirimu akan terkikis kalau kamu terus memaksa perubahan atas apa yang tidak bisa diubah.

3. Belajar Bertanggung Jawab Terhadap Perilaku.
Jangan mudah menyalahkan orang lain. Bertanggung jawab terhadap apapun yang dilakukan. Katakan benar bila itu memang benar dan katakan dengan benar meskipun hal itu suatu kesalahan, maka semua itu akan benar.

4. Bersikap Positif Terhadap Kehidupan.
Ibaratnya hidup ini seperti air yang jernih, dan ia akan berubah warna tergantung warna apa yang kamu tuangkan kedalamnya. Hidup ini ringan kalau kamu menganggapnya tidak berat. Persoalan-persoalan kehidupan adalah senda gurau belaka, jangan dianggap sebagai racun yang merusak dan melumpuhkan. Hidup ini bisa tampak indah sejauh mata tidak terfokus pada awan yang kelabu.

5. Bacalah Potensi Diri.
Dengan keterbukaan potensi diri yang baik maka akan tumbuh kepercayaan diri.

6. Berani Mengambil Risiko.
To hope is to risk pain. To try is to risk failure. But risk must be taken, because the greatest hazard in life is to risk nothing (Leo FB). Seperti ungkapan Roosevelt : “The only thing we have to fear is fear it self”. Jangan jadi penakut !!!

7. Bersikaplah Realistis.
Hidup harus dijalani dengan apa adanya sesuai kemampuan diri jangan terlalu ingin melebihi orang lain dengan cara yang tidak baik. Jalani dengan doa dan usaha maka akan memperoleh yang terbaik.

8. Jadikan Keresahan Sebagai Kawan.
Banyak peristiwa atau saat-saat dalam hidup yang membuat cemas / gelisah yang dapat menimbulkan krisis kepercayaan diri. Ingatlah rasa cemas dan gelisah adalah “kawan” yaitu desakan untuk beradaptasi dan berubah. Gunakan energi, kecerdasan, kewaspadaan daripada membuangnya hanya untuk kecemasan yang berlebihan. Lebih baik hadapi tantangan secara tegas dan berkesinambungan.

9. Tingkatkan Iman Kepada Allah Yang Maha Kuasa.
Rasa percaya diri yang kokoh harus dibangun di atas fondasi yang kuat yaitu keimanan. Dan belajar bersyukur dalam segala keadaan. Hati yang penuh dengan ucapan syukur akan membuat hidup lebih ringan, pikiran lebih jernih dan perasaan lebih nyaman sehingga mengendalikan perasaan bukan lagi beban yang berat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *